Polda Metro Jaya Amankan Pimpinan Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Hasan Baraja

Konvoi khilafah/net
Konvoi khilafah/net

Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya mengamankan pimpinan Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Hasan Baraja. 


"Ya benar (diamankan)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan kepada Kantor Berita RMOLJakarta, Selasa (7/6). 

Penangkapan Abdul Qadir Hasan Baraja diduga buntut dari viralnya rekaman video yang berisi rombongan pemotor konvoi dengan membawa atribut bendera khilafah di kawasan Cawang, Jakarta Timur. 

Namun, saat ditanya lebih mendalam soal peran dan jumlah orang yang diamankan selain Abdul Qadir, Zulpan belum menjawab. 

Diduga kuat Abdul Qadir ditangkap di luar wilayah Jakarta, dan saat ini masih dalam perjalanan ke Jakarta. 

Sebelumnya, Polda Metro Jaya membentuk tim untuk mengusut pengendara sepeda motor yang membawa sebuah tulisan 'Kebangkitan Khilafah' di daerah Cawang, Jakarta Timur, pada Minggu (29/5) kemarin. 

"Polda Metro Jaya atas perintah Kapolda telah membentuk tim khusus terkait kasus ini," kata Zulpan kepada wartawan, Kamis (2/6). 

Pembentukan tim, buntut dari hebohnya video berisi pawai kendaraan bermotor yang membawa atribut khilafah di wilayah DKI Jakarta. 

"Pak @mohmahfudmd @DivHumas_Polri  mengapa konvoi ini dibiarkan? Bukankah negara ini sudah sepakat jika Kilafah adalah gerakan TERLARANG? Cawang, 29 Mei 2022 pkl 09.14 WIB," tulis akun twitter @miduk17 seperti dikutip redaksi. 

Dalam video tersebut motor beratribut warna hijau menyusuri jalan-jalan ibu kota sembari membawa bendera. Mulai dari bapak-bapak, ibu-ibu hingga anak kecil juga berada dalam konvoi tersebut.[]