Polisi akan Jerat Calon Tersangka Kebakaran Lapas dengan Pasal Kelalaian

Lokasi  kebakaran di Blok C Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten/Ist
Lokasi kebakaran di Blok C Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten/Ist

Polisi terus melakukan pendalaman terhadap peristiwa kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang. Termasuk, segera menemukan tersangka dalam kejadian yang merenggut 48 nyawa itu.


Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyampaikan, Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro pada hari ini melakukan pemeriksaan sejumlah saksi dari pihak Lapas Kelas I Tangerang.

Antara lain, Kalapas, Kepala Tata Usaha, Kabid Adminitrasi Keamanan dan Ketertiban, Kasubagumum, Kabid Keamanan, Kepala Seksi Perawatan dan Kepala KPLP Lapas Kelas 1 Tangerang.

Adapun sangkaan pasal yang bakal disematkan kepada calon tersangka kebakaran tersebut ialah 187 dan 188 KUHP junto pasal 359 KUHP.

"Sampai saat ini penyidik masih dlm proses pendalaman yaitu adanya kesengajaan dan juga kealpaan sehingga mengakibatkan kebakaran dan tentunya berdampak pada nyawa orang," kata kata Rusdi di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (14/9).

Rusdi menambahkan, hal ini masih didalami oleh penyidik namun pada Pasal 359 KUHP yaitu adanya kelalaian sehingga mengakibatkan orang meninggal dunia penyidik menilai sudah ada potensial suspect.

"Sekarang penyidik masih bekerja untuk menuntaskan kasus ini," demikian Rusdi dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL. []