Polisi Masih Mempelajari Laporan yang Menjerat Ruhut Sitompul

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan/lst
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan/lst

Penyidik Polda Metro Jaya masih mempelajari laporan yang menjerat Politikus PDI Perjuangan, Ruhut Sitompul.


"Betul Polda Metro Jaya telah menerima laporan dengan terlapor dengan terlapor Ruhut Sitompul. Terkait dengan unggahan di medsos Twitter yang dianggap menghina suatu suku tertentu, tentunya dengan laporan nanti penyidik akan mempelajari dulu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Polda Metro Jaya, Jumat (13/5). 

Di saat yang bersamaan, Zulpan menyebut beberapa pejabat di lingkungan Polda Metro Jaya juga baru ada yang serah terima jabatan. 

Nantinya, setelah kegiatan serah terima jabatan proses pemeriksaan terhadap terlapor atau pelapor akan diagendakan 

"Nanti setelah ini ya karena beberapa pejabat Direktur Reserse baru serah terima. Setelah ini akan kita agendakan ya," kata Zulpan. 

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya menerima laporan yang dilayangkan oleh pemuda Papua terhadap Ruhut Sitompul usai posting editan foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memakai baju adat Suku Dani, Papua. 

Ruhut dituding rasis dalam unggahannya di akun Twitter miliknya itu. Laporan diterima di Polda MetroJaya dengan nomor laporan LP/B/2299/SPKT/Polda Metro Jaya, tertanggal 11 Mei 2022. 

Ruhut dilaporkan dengan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45A ayat (2) UU 19/2016 tentang perubahan UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik (ITE). Polisi membenarkan adanya laporan ini.[]