PSBB Versi Baru Tidak Efektif Meski Diperpanjang, Ini Alasannya

Ahli Epidemiologi, Pandu Riono/lst
Ahli Epidemiologi, Pandu Riono/lst

Dalam rangka mengendalikan pergerakan penularan virus corona baru alias Covid-19, Pemerintah Pusat memberlakukan pembatasan kegiatan di Pulau Jawa dan Bali yang diberi nama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).


Secara prinsip, PPKM ini tidak jauh berbeda dari pengetatan sebelumnya yang dinamai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Namun Ahli Epidemiologi dan Biostatistik Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia, Pandu Riono meniali PSBB versi baru ini tidak efektif. 

"Walaupun diperpanjang tetap tidak efektif menekan kasus," ungkap Pandu seperti dikutip redaksi melalui akun twitter miliknya, Kamis (21/1). 

Menurutnya diperlukan Implementasi berupa Intervensi berlapis agar dapat menekan penularan pada fase ancaman munculnya varian baru

"Karena virus mudah bermutasi dengan tingkat penularan seperti sekarang," sambungnya. 

Pandu pun menilai situasi Pandemi saat ini justru terus memburuk dimana terjadi tingkat Kematian yang tinggi. Hal ini hanya dapat ditekan dengan menerapkan Surveilans Covid-19 yang baik, yaitu Tes, Lacak dan Isolasi serta komunikasi publik yang masif. 

"Vaksinasi pada Lansia, termasuk Nakes yg berusia 60+ dapat menekan kematian," pungkasnya. 

Adapun Pemerintah pusat saat ini memberikan sinyal akan memperpanjang masa PPKM selama dua pekan ke depan. 

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Syafrizal, mengatakan, PPKM akan diperpanjang dua pekan ke depan. Alasannya, kasus Covid-19 belum menunjukkan penurunan yang signifikan.

"Hasil rapat kabinet terbatas kemarin, akan diperpanjang untuk dua minggu ke depan setelah tanggal 25 Januari," ujar Syafrizal dalam kegiatan sosialisasi surat edaran Mendagri secara daring, Rabu (20/1).

Ia menjelaskan, PPKM sebelumnya berlangsung pada 11-25 Januari 2021. Setelah itu, PPKM akan kembali diterapkan di beberapa provinsi prioritas, terutama daerah zona merah atau kategori tinggi.[]