Puji Anies, Gibran Tegaskan Fokus di Solo, Tak Tertarik Jadi Gubernur Jakarta

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka/Net
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka/Net

Pujian Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kepada Gubernur Anies Baswedan terkait penanganan Covid-19 di DKI Jakarta menimbulkan sejumlah penafsiran di kalangan masyarakat. 


Salah satu penafsiran yang dibicarakan menyebut pujian itu berkaitan dengan ambisi putra sulung Presiden Joko Widodo itu untuk menjadi suksesor Anies menjadi Gubernur DKI Jakarta. 

Dikonfirmasi terkait ambisi ini, Gibran membantah. Dengan tegas ia mengatakan pujiannya kepada Anies disampaikan apa adanya tanpa maksud ingin menjadi gubernur di Jakarta. 

"Saya di Solo saja. Fokus di Solo. Solo paling penak (enak)," kata Gibran kepada wartawan, Rabu (15/9). 

Selain karena di Solo merasa enak, Gibran juga menegasan banyak visi misi dan janji kampanyenya yang belum terwujud. 

Terkait pujian pada Anies, Gibran menegaskan bahwa DKI Jakarta memang layak mendapat pujian terkait penanganan pandemi Covid-19. Sejumlah indikator penanganan Covid-19 Jakarta bergerak ke arah yang positif. 

"Jakarta vaksinasinya paling tinggi, testing tinggi, BOR rendah sekali, positivity rate sangat baik," tegasnya. 

Diberitakan sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka mengaku banyak belajar dari Pemprov DKI Jakarta dalam menangani virus Corona baru alias Covid-19. 

Hal itu disampaikan Gibran di hadapan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat menghadiri kegiatan Donor Darah dan Plasma Konvalesen di Kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), Sabtu kemarin (11/9). 

"Jadi mumpung ada Pak Wagub juga di sini saya curhat sedikit ya pak. Jadi kami di Solo setiap kali rapat Covid-19 yang saya jadikan percontohan pasti Jakarta," kata Gibran.

Ketua Majelis Pertimbangan Pengurus Nasional Karang Taruna itu turut memuji vaksinasinya di DKI Jakarta yang sudah di atas 100 persen. 

Putra Sulung Presiden RI Joko Widodo ini juga menyampaikan, Solo bertekad mengejar stok plasma konvalesen seperti halnya Jakarta. 

"Jadi sekali lagi luar biasa sekali kerja keras dari Pak Anies, Pak Riza untuk Jakarta benar-benar jadi percontohan untuk kami yang ada di daerah," tandas Gibran. []