Puluhan Orang Berbaju Merah Kepung Kantor Anies Baswedan

RMOL. Puluhan orang yang tergabung dalam Komunitas Anak Bangsa menggelar aksi unjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (13/11).


Kedatangan puluhan orang berbaju warna merah ini adalah untuk menuntut Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan memberikan klarifikasi langsung kepada mereka terkait pernyataan dia dalam pidato perdana usai pelantikan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Mana Anies, kami tahu kamu ada di dalam. Keluar, temui kami secara gentleman," teriak salah satu orator diatas mobil komando.

Koordinator Komunitas Anak Bangsa, Tirtayasa mengaku bahwa kedatangan mereka sesungguhnya tidak dengan tangan kosong. Melainkan mereka membawa sebuah petisi untuk ditandatangani langsung oleh Anies. Petisi itu menurut dia merupakan petisi yang kedua yang mereka bawa setelah sebelumnya tidak digubris Anies.

"Kami menuntut saudara Anies berani beraudensi dengan Komunitas Anak Bangsa sebagai bagian dari masyarakat DKI Jakarta yang saudara Gubernur pimpin," desaknya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menuntut Anies untuk segera meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia karena pernyataan Anies dinilai bisa merusak tatanan hidup bangsa ini.

"Secepatnya meminta maaf kepada masyarakat akan ucapan sudara Gubernur pada saat pidato pertama tanggal 16 Oktober 2017," desaknya lagi.

Berikut isi petisi yang mereka bawa ke Balai Kota:

1. Mengecam keras pidato anda sebagai Gubernur pada tanggal 16 Oktober 2017, tentang "kebangkitan pribumi

2. Menuntut Klarifikasi anda sebagai Gubernur tentang arti dan pemahaman "pribumi"

3. Menuntut Gubernur DKI Jakarta, untuk meminta maaf kepada masyarakat luas

4. Tidak mengulangi cara-cara yang bersifat dan terlihat memprovokasi masyarakat luas.

5. Bersedia menandatangani petisi yang kami buat. [Buniaya/san]