Punya Logo Baru, Kementerian Kelautan dan Perikanan Jadi "Dewa Laut"

Logo baru Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)/Antara
Logo baru Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)/Antara

Logo baru diluncurkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada Jumat (17/9). Dalam logo baru itu tidak terdapat gambar ikan seperti sebelumnya. 


Menurut Menteri KP Wahyu Sakti Trenggono, pergantian logo ini dilatarbelakangi oleh kondisi KKP saat dirinya mulai berkantor di sana. 

Saat itu, KKP sedang dirundung sendu karena menterinya saat itu, Eddy Prabowo, tersandung kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster atau benur. 

Trengono melanjutkan, jajarannya kemudian mengusulkan pergantian logo KKP. Logo sebelumnya yang mencantumkan gambar ikan dinilai tidak sejalan dengan tugas KKP itu sendiri yaitu menjaga laut Indonesia. 

"KKP harusnya seperti dewa laut. Seperti Neptune yang menjaga kelautan," kata Trenggono dalam acara peluncuran logo baru itu, Jumat.

Selain institusinya yang harus seperti dewa laut, menteri yang menjabat di KKP juga harus dijuluki dengan julukan yang sama. Menteri KP, kata Trenggono, seharusnya tidak dipanggil dengan kode Paus.

"Menteri KP jangan lagi dipanggil dengan kode Paus, tetapi dipanggil Neptune," tandasnya. 

Sementara itu, Sekjen KKP, Antam Novambar menjelaskan logo baru ini telah melalui seleksi ketat. Menurutnya, ada 39 kandidat, logo yang diterima dan dipilih yang satu ini. 

Pemilihan logo baru ini juga bukan sembarangan. Antam menjelaskan, logo baru mencakup sejumlah aspek, seperti lambang burung Garuda di tengah, yang dimaknai dengan kuatnya dan berwibawanya negara Indonesia. 

Matahari terbit juga terdapat dalam logo tersebut. Menurut Antam, simbol itu bermakna keberlanjutan pengelolaan sumber daya di Indonesia untuk kesejahteraan rakyat. 

Dalam logo baru itu juga terdapat simbol jangkar yang bisa diartikan keteguhan hari dalam menjaga keadilan dan kemanusiaan. Ada pula trisula yang berarti kekuatan integritas dalam menjaga wilayah kelautan dan perikanan NKRI. 

Tak lupa ada simbol ombak laut dalam logo tersebut. Ombak laut diatikan sebagai kebaikan dan keikhlasan dalam hidup karena senantiasa membasahi apapun yang dilewati. []