Ratusan Kendaraan Nekat Mudik Diputarbalikkan dari Tol Cikarang Barat

Ilustrasi pengecekan dokumen larangan mudik/Net
Ilustrasi pengecekan dokumen larangan mudik/Net

PT Jasa Marga mencatat 648 kendaraan yang terindikasi mudik dikeluarkan ke gerbang tol terdekat pada Kamis (6/5) kemarin.


Gerbang tol tersebut ada di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yaitu di Km 31 Cikarang Barat Arah Cikampek dan Km 47 Karawang Barat Arah Cikampek.

Dari 648 kendaraan yang dialihkan tersebut didominasi 88 persen kendaraan pribadi dan sisanya 12 persen merupakan kendaraan angkutan penumpang.

“Di hari pertama terpantau kepadatan menjelang kedua titik check point dimaksud karena pihak Kepolisian melakukan pengecekkan dokumen pendukung Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang masuk dalam kategori dikecualikan. Namun kami amati di lapangan, setelah lokasi titik penyekatan relatif lancar," kata General Manager Representatif Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Widiyatmiko Nursejati dalam keterangan tertulis, Jumat (7/5).

"Jika ada yang tidak memenuhi syarat perjalanan maka akan ditindak keluar ke gerbang tol terdekat, Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat 3 dan GT Karawang Barat 1 untuk diputar balik kembali ke arah Jakarta” lanjut Miko.

Sementara itu, secara terpisah Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Akmal mengatakan, pihaknya terus mempelajari dan mengevaluasi pengawasan di titik-titik check point.

Sejauh ini Akmal menyebut, jumlah kendaraan di hari pertama yang dikeluarkan atau diputarbalikkan lebih banyak dibandingkan dengan di hari kedua yang mulai mengalami penurunan.

Apalagi banyak sekali modus para warga yang nekat mudik dengan menumpang truk atau mobil bak tertutup yang nantinya akan menyulitkan mereka.

“Kami terus meningkatkan pengawasan khususnya untuk kendaraan-kendaraan truk yang terindikasi mudik, misalnya dengan mencirikan kendaraan truk yang beralaskan terpal. Kendaraan ini yang kemudian kita buka, seperti di hari pertama, kami menemukan truk yang berisi penumpang di dalam bak," kata Akmal.

Tak main-main, setelah memberikan sanksi pada pengemudi, polisi juga memulangkan penumpang ke terminal terdekat. []