Ratusan Kilogram Narkoba Hasil Tangkapan Polres Jakbar Dimusnahkan

Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Bismo Teguh Prakoso/RMOLJakarta
Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Bismo Teguh Prakoso/RMOLJakarta

Jajaran Satres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat memusnahkan ratusan kilogram barang bukti narkoba yang berhasil diungkap dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. 


"Barang bukti hasil tiga bulan penangkapan, dari November 2021 hingga Januari 2022," kata Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Bismo Teguh Prakoso, Rabu (9/2). 

Adapun barang bukti narkoba yang dimusnahkan adalah sabu seberat 31.156 gram (31 kilogram), ganja 255.923 gram (255 kilogran), dan 5.000 butir pil ektasi. 

Dalam pengungkapan itu, polisi turut meringkus tiga orang bandar dan sembilan orang pengedar. 

Bismo menyebut, para tersangka berasal dari jaringan dan wilayah di Indonesia. Mulai dari wilayah Jakarta, Tangerang, Medan hingga Banyumas. 

Barang haram tersebut diangkut ke Jakarta melalui jalur darat, laut hingga udara. 

"Diantaranya ada yang kita dapatkan dari Medan menggunakan jalur darat kemudian mengunakan jalur laut, juga ada jalur udara karena kita juga bekerja sama dengan Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta," kata Bismo. 

Barang bukti narkotika tersebut dimasukkan ke dalam mesin incenerator untuk dihancurkan. 

Para tersangka dijerat Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 111 ayat 2 subsider Pasal 11e juncto Pasal 132 ayat 1 UU Narkotika dengan ancaman pidana seumur hidup atau pidana paling singkat lima tahun dan maksimal hukuman mati. []