Revitalisasi Masjid Luar Batang 5 Persen Lagi Rampung

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau revitalisasi Masjid Luar Batang/lst 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau revitalisasi Masjid Luar Batang/lst 

Revitalisasi Masjid Luar Batang yang berada di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara, sebagai salah satu bangunan cagar budaya di ibu kota sudah mencapai 95 persen.


Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, pengerjaan saat ini hanya untuk finalisasi pada bagian eksterior, penambahan ornamen, dan penyediaan papan penanda (signage).

"Secara keseluruhan, semua kegiatan revitalisasi yang utama sudah selesai," kata Iwan, Kamis (8/4).

Iwan menjelaskan, revitalisasi bagian interior masjid nyaris rampung dan diprediksi selesai dalam waktu dekat. Sementara, untuk area jamaah sudah ditambah fasilitasnya.

Menurutnya, revitalisasi Masjid Luar Batang mencakup di antaranya, beautifikasi dengan sentuhan artistik dan modern serta peningkatan fasilitas atau sarana maupun prasarananya.

"Kita mengutamakan keaslian dari bangunan cagar budayanya," kata Iwan.

Iwan melanjutkan, penambahan dilakukan pada ornamen ke-Betawian pada segmen tertentu. 

"Kita mau membuat ini sebagai sebuah destinasi wisata religi yang bisa menambah kekhidmatan mereka yang datang ke sini," kata Iwan.

Iwan menambahkan, Masjid Luar Batang bakal menjadi wisata religi dan edukasi sejarah yang wajib dikunjungi serta menjadi pengalaman tidak terlupakan bagi jamaah atau peziarah.

Ia berharap, Jakarta bukan hanya menjadi tempat wisata rekreasi semata. Namun, menyajikan wisata yang sarat nilai religi atau keagamaan, kebudayaan, dan sejarah sebagai representasi peradaban Jakarta.

"Potensi wisata di Jakarta bukan sekadar mal dan wisata rekreasi saja, tapi ternyata destinasi wisata religi sangat strategis untuk menambah masuknya turis atau wisatawan lokal maupun mancanegara," tandasnya.

Untuk diketahui, revitalisasi Masjid Luar Batang dimulai pada September 2020. Dalam beberapa kesempatan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menunaikan ibadah sekaligus meninjau masjid cagar budaya ini.[]