Sah! Laksamana Yudo Margono Serahkan Tongkat Matra AL ke Muhammad Ali

Kepemimpinan tertinggi matra TNI Angkatan Laut resmi bergeser dengan diserahkannya Panji Jalesveva Jayamahe dari Laksamana TNI Yudo Margono ke Laksamana TNI Muhammad Ali/Ist
Kepemimpinan tertinggi matra TNI Angkatan Laut resmi bergeser dengan diserahkannya Panji Jalesveva Jayamahe dari Laksamana TNI Yudo Margono ke Laksamana TNI Muhammad Ali/Ist

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan serah terima jabatan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) kepada Laksamana TNI Muhammad Ali di Lapangan Trisula, Markas Besar AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (29/10). 


"Baru saja tadi kita saksikan bersama upacara serah terima Kepala Staf Angkatan Laut dari saya kepada Laksamana Muhammad Ali, dan pada hari ini tentunya sudah sah," kata Yudo. 

Dalam upacara serah terima jabatan ini, turut menghadirkan gelar pasukan baik pasukan khusus TNI AL hingga Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL). 

"Jadi pada upacara hari ini kita tunjukan kepada seluruh tamu undangan semuanya, bahwa ini adalah uniform prajurit Jalasena Samudera, baik uniform secara TNI maupun secara universal," kata Yudo. 

Dalam prosesi upacara, kepemimpinan tertinggi matra TNI Angkatan Laut resmi bergeser dengan diserahkannya Panji Jalesveva Jayamahe dari Laksamana TNI Yudo Margono ke Laksamana TNI Muhammad Ali. 

Dengan upacara serah terima jabatan ini, Yudo mengatakan bahwa dirinya kini bisa fokus menjadi Panglima TNI dengan mengurus Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara. 

"Saya kira dengan tugas ini nanti sudah sah di Laksamana Ali, tentunya nanti saya bisa melaksanakan tugas- tugas fokus pada tugas Panglima TNI," kata Yudo. 

Seperti diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) pengganti Laksamana TNI Yudo Margono di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (28/12). 

Pengangkatan Laksamana TNI Muhammad Ali berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 100/TNI Tahun 2022 tanggal 28 Desember 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut sekaligus menaikkan pangkatnya dari Laksamana Madya TNI menjadi Laksamana TNI. 

Sebelum menjabat sebagai KSAL, Muhammad Ali adalah seorang Perwira Tinggi TNI Angkatan Laut bintang 3 lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1989 kerap menempati posisi strategis di matra TNI Angkatan Laut. 

Jabatan terakhirnya sebelum diangkat adalah Kepala Staf TNI Angkatan Laut yakni Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I. 

Selain itu, Ali juga pernah menjadi ajudan Wapres RI Boediono (2012-2014), Gubernur AAL, dan Asrena KSAL.[]