Sambut Musim Hujan, Saluran di Jalan Pluit Putra Putri Dikeruk

Pengerukan lumpur di saluran air di Jalan Pluit Putra Putri, RT. 06, RW. 06, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara/Ist
Pengerukan lumpur di saluran air di Jalan Pluit Putra Putri, RT. 06, RW. 06, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara/Ist

Petugas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Penjaringan menerjunkan 14 personel untuk mengeruk lumpur di saluran air di Jalan Pluit Putra Putri, RT. 06, RW. 06, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (13/10).


Pembersihan saluran sepanjang 82 meter tersebut merupakan salah satu program gerebek lumpur dalam upaya antisipasi datangnya musim hujan.

"Pengurasan menggunakan peralatan manual dengan pelaksana sebanyak 14 orang petugas SDA Kecamatan Penjaringan," kata Kepala Satuan Pelaksana SDA Penjaringan Pendi, Kamis (14/10).

Lanjut Pendi, tebalnya lumpur dan sampah membuat saluran tidak dapat berfungsi dengan baik.

Sehingga air yang harusnya mengalir ke tempat lebih rendah, jadi terhambat dan dikhawatirkan meluap ke jalan.

"Selain tebalnya lumpur dan sampah, kami juga menemukan tumpukan-tumpukan batu berada di dalam saluran yang memiliki tinggi dua meter dan lebar tiga meter tersebut," kata Pendi.

Meski sudah dikuras, Pendi berharap warga juga ikut membantu dengan tidak membuang sampah ke salurang penghubung baik yang kecil maupun besar.

"Kami juga berpesan kepada masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya. Buanglah sampah pada tempatnya, jangan pada saluran yang nantinya dapat mengganggu fungsi saluran dalam menampung dan mengalirkan air," demikian Pendi. []