Satpol PP Jakpus Fokus Jaga 3 Kawasan Saat Perayaan HUT RI

RMOL. Menjelang perayaan kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia, ada tiga tempat yang menjadi perhatian regu Satpol PP Jakarta Pusat.


Kepala Satpol PP Jakarta Pusat Yadi Rusmayadi mengatakan, tempat tersebut adalah kawasan Monas, Tugu Proklamasi, dan tempat pemakaman umum (TPU) Karet Bivak. Sebab, saat Hari Kemerdekaan tiba, intensitas kegiatan di tempat-tempat tersebut tergolong tinggi.

"Di Jakarta Pusat ini banyak tempat-tempat bersejarah yang berkaitan dengan kemerdekaan, tetapi pengawasan fokus kita ada di tiga tempat yaitu kawasan Monas, Tugu Proklamasi, dan TPU Karet Bivak yang akan banyak berziarah. Itu harus diawasi secara real. Tiga tempat itu krusial lah," kata Yadi, Selasa (11/8).

Menurut Yadi, sejumlah upacara seremonial yang melibatkan masyarakat dan instansi pemerintahan akan berlangsung di tempat-tempat tersebut.

Karena ramai, tempat itu juga berpeluang dihinggapi oleh para pedagang kaki lima (PKL) yang menjajakan dagangannya.

"Pengamanannya pertama ya tentu dari kelangsungan acara yang harus berjalan dengan teratur. Lalu kita juga melakukan pengamanan pada kondisi masyarakat, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. PKL juga akan kita bersihkan dari tiga tempat itu guna kelancaran peringatan kemerdekaan," kata Yadi.

Setidaknya ada 500 petugas Satpol PP yang akan diturunkan mengamankan kelancaran seremonial Kemerdekaan RI di Jakarta Pusat.

"Tidak ada tambahan personel tetapi pada hari itu kita koordinasikan semua petugas untuk masuk piket, jangan ada yang libur dulu, sekitar lima ratus personel akan kita sebar pada hari itu," ujarnya. [prs]