SBY Diminta Turun Tangan Lobi Arab Saudi Agar Jemaah Bisa Berangkat Haji

Pengurus DPP Partai Demokrat Taufiqurrahman/Net
Pengurus DPP Partai Demokrat Taufiqurrahman/Net

Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diminta turun tangan untuk melobi Pemerintah Arab Saudi agar umat muslim di Indonesia bisa melaksanakan ibadah haji tahun ini.


Demikian disampaikan Pengurus DPP Partai Demokrat Taufiqurrahman melalui keterangan tertulisnya, Kamis (3/6).

"Pak SBY diharapkan ikut turun membantu Pemerintah RI melobi Pemerintah Arab Saudi agar umat muslim di Indonesia bisa melaksanakan ibadah haji," kata Taufiqurrahman.

Taufiqurrahman menilai, tertundanya pemberangkatan jemaah haji pada tahun 2021 menunjukkan bahwa Pemerintah Indonesia tidak siap dalam melindungi hak umat muslim dalam melaksanakan kewajiban ibadahnya.

"Pemerintah harus bertanggung jawab atas tertundanya pemberangkatan jemaah haji 2021," kata anak buah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY ini.

Taufiqurrahman mendorong pemerintah tidak boleh berpasrah diri dan menyandarkan alasan kegagalan pemberangkatan jemaah haji karena pandemi Covid-19.

"Karena negara lain yang juga terdampak Covid-19 akan tetap memberangkatkan jemaah haji mereka," lanjut mantan aktivis jebolan Universitas Indonesia ini.

Taufiqurrahman menambahkan, kegagalan pemerintah dalam memberangkatkan jemaah haji 2021 telah mencoreng nama baik Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia.

Seperti diberitakan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan bahwa pemerintah tidak memberangkatkan jemaah haji Indonesia 1442 H/2021 M. 

Menurutnya, di tengah pandemi corona virus disease-19 (Covid-19) yang melanda dunia, kesehatan dan keselamatan jiwa jamaah lebih utama dan harus dikedepankan.[]