Sebanyak 74 Kantong Jenazah Korban Sriwijaya Air SJ-182 Berhasil Dievakuasi

Petugas membawa kantong jenazah/net
Petugas membawa kantong jenazah/net

Sejauh ini, Tim SAR gabungan berhasil mengumpulkan sebanyak 74 kantong jenazah yang terdiri dari bagian tubuh (body remain) dalam tragedi jatuhnya pesawat Sriwijaya SJ-182.


Sementara untuk potongan besar material pesawat sebanyak 24 dan serpihan kecil sebanyak 16 kantong.

"Untuk body remain atau bagian tubuh korban seluruhnya sudah kami serahkan ke DVI, dan untuk material pesawat kami serahkan kepada KNKT," kata Kabasarnas Marskal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito seperti dikutip redaksi, Selasa (12/1). 

Temuan itu langsung diserahkan oleh Rigit Inflatable Boat (RIB) Basarnas sebanyak 28 kantong dan 1 kantong dari KRI Tjiptadi.

Seluruh obyek pencarian tersebut merupakan hasil kerja keras tim SAR gabungan, baik dari Basarnas, TNI, Polri, Kementerian Perhubungan, Bakamla, KPLP, KNKT, BMKG, dan seluruh Potensi SAR baik di permukaan maupun di dasar laut.

Dalam operasi ini, jumlah personil yang terlibat secara keseluruhan sebanyak 3.818 orang. Untuk alat utama (alut) yang digunakan meliputi 54 kapal, 18 Rigit Inflatable Boat (RIB), 3 helikopter, dan 33 ambulance.

Sementara itu untuk rencana pencarian, Rabu (12/1) masih sama, yaitu SAR Unit (SRU) Udara tetap melaksanakan searching di 3 sektor.

"Seperti hari ini, SRU udara saat melaksanakan searching menemukan debris atau serpihan kecil badan pesawat di permukaan laut yang selanjutnya ditindaklanjuti oleh SRU laut," ujarnya.

Selain itu tim SAR gabungan juga terus berupaya mencari black box pesawat SJ-182 dengan rute Jakarta-Pontianak.[]