Sejarawan Kritik Anies soal Revitalisasi Halte Transjakarta Bundaran HI

Revitalisasi Halte Transjakarta Bundaran HI/Ist
Revitalisasi Halte Transjakarta Bundaran HI/Ist

Sejarawan JJ Rizal meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menyetop revitalisasi halte Transjakarta Bundaran HI. Alasannya karena dianggap merusak pemandangan Patung Selamat Datang.


"Seharusnya sebagai bagian dari badan usaha masyarakat Jakarta, @PT_Transjakarta yang bisnya wira wiri di ruang bersejarah warisan Sukarno itu berefleksi mengadopsi etos kerja maestro, berkelas dunia, tapi berorientasi kerakyatan serta menjaga sumber inspirasi kota, yaitu warisan sejarahnya," kritik JJ Rizal seperti dikutip redaksi melalui akun Twitternya, Jumat (30/9).

JJ Rizal menegaskan jangan sampai revitalisasi halte Transjakarta Bundaran HI malah menjadi noda di buku sejarah masa pemerintahan Anies Baswedan yang sebetulnya kaya prestasi.

"Semoga @PT_Transjakarta menemukan model arsitektural yg lebih pantas en menguatkan vista sejarah yg berharga, kaya nilai serta perlu dirayakan sebagai berkah dari pendiri bangsa," pungkasnya.

Patung Selamat Datang sendiri merupakan monumen yang menampilkan sepasang manusia yang sedang menggenggam bunga dan melambaikan tangan. 

Patung tersebut menghadap ke utara yang berarti mereka menyambut orang-orang yang datang dari arah Monumen Nasional.

Ide pembuatan patung ini berasal dari Presiden Sukarno dan rancangan awalnya dikerjakan oleh Henk Ngantung yang pada saat itu merupakan Wakil Gubernur DKI Jakarta.[]