Sejauh Ini, 64 Petak Makam Covid-19 di TPU Rorotan Telah Terisi

Petugas hendak memakamkan korban Covid-19 di TPU Rorotan/Ist
Petugas hendak memakamkan korban Covid-19 di TPU Rorotan/Ist

Proses pematangan lahan TPU Rorotan masih terus berjalan. Hingga kini sudah ada 64 petak lahan yang sudah terisi.


Diketahui, TPU Rorotan mulai difungsikan sebagai pemakaman korban Covid-19 pada tanggal 26 Maret 2021.

"Hingga saat ini sudah terisi 64 petak makam dengan protab COVID-19," ujar Kepala Sudin Pertamanan dan Hutan Jakarta Utara, Elly Sugestianingsih kepada wartawan, Rabu (14/4).

Elly menjelaskan, TPU Rorotan yang memiliki luas 2 hektar itu belum seluruhnya difungsikan. Baru ada 8.000 m2, yang dapat menampung 1.500 petak makam Covid-19.

Selain itu Elly menyebut akses jalan untuk angkutan jenazah sudah tersedia begitu juga dengan lampu penerangan di area TPU Rorotan.

Guna mendukung layanan pemakaman di TPU Rorotan, pihaknya juga mengerahkan 26 petugas yang terdiri dari petugas gali makam, ada 18 orang dibagi menjadi tiga tim, dua petugas administrasi dan enam petugas pamdal.

"Memang saat ini diprioritaskan untuk pemakaman Covid-19 dengan persyaratan berkas pemakaman sama seperti makam biasa, ber-KTP DKI Jakarta atau meninggal di RS Jakarta. Hanya protap pelayanan pemakamannya saja yang berbeda," kata Elly..

Dengan adanya penataan ini, Elly berharap TPU Rorotan nantinya bisa sama dengan TPU Pondok Rangon dan melayani pemakaman umum.

"Dikarenakan situasi masih pandemi Covid-19 maka layanan TPU Rorotan masih diprioritaskan untuk pemakaman Covid-19 terlebih dahulu. Walaupun fasilitas yang tersedia masih seadanya namun proses pemakaman tetap bisa dilaksanakan," pungkas Elly. []