Sekda DKI Optimis Formula E Bisa Berjalan Sesuai Rencana

Sekda DKI Marullah Matali/RMOLJakarta
Sekda DKI Marullah Matali/RMOLJakarta

Balap mobil listrik Formula E ditargetkan terselenggara pada Juni 2022 mendatang menjelang berakhirnya masa jabatan Gubernur Anies Baswedan.


Hal tersebut tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) 49/2021 tentang penyelesaian isu prioritas daerah tahun 2021-2022 yang diteken pada 4 Agustus 2021 lalu.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Marullah Matali mengaku optimis perhelatan berskala internasional ini dapat berlangsung sesuai rencana.

"Isu prioritas Formula E bagi saya sesuai Ingub, sesuai prosedur, mudah-mudahan bisa dijalankan," singkat Marullah saat ditemui Kantor Berita RMOLJakarta di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (15/9).

"Bagi kita tidak ada yang pesimistis. Kita jalankan saja," sambung mantan Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan ini.

Ajang Formula E juga telah mendapat restu dari Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Presiden meyakini Formula E bisa menaikan reputasi Indonesia.

Balapan Formula E seyogyanya digelar 6 Juni 2020. Namun pandemi Covid-19 yang mewabah menyebabkan gelaran ini tertunda.

Formula E dipercaya sebagai tonggak sejarah bagi Indonesia di dunia olahraga, khususnya dunia olahraga otomotif.

Pasalnya selama 23 tahun, Indonesia telah absen dalam penyelenggaraan balapan yang masuk dalam jadwal Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Ditambah lagi, balapan Formula E bakal menjadikan Jakarta termasuk dalam daftar kota tuan rumah seperti kota New York, Meksiko, Roma, Paris, dan Rongkang. []