Setelah Istri, Aktor Anwar Fuady Kini Kehilangan Putra Sulung karena Covid-19

Mendiang Ferry Senapati bin Anwar Fuady/Ist
Mendiang Ferry Senapati bin Anwar Fuady/Ist

SETELAH istri, aktor terkenal Anwar Fuady kembali bersedih setelah kehilangan putra sulungnya akibat virus Covid-19.


Ferry Senapati bin Anwar Fuady (49) meninggal dunia pada Rabu (21/7) pukul 13.41 WIB di RS Bhakti Asih, Ciledug, Tangerang Selatan.

Pemakaman almarhum dilaksanakan sore ini juga di TPU Yapera Ciledug dengan protokol Covid-19. Berdampingan dengan makam ibunya, Hj Farida Fuady, yang meninggal Minggu subuh (18/7).

"Mohon doanya, saya kena musibah beruntun ini. Dalam seminggu, istri dan anak meninggalkan kami," ucap Anwar terbata-bata mengabarkan lewat sambungan telepon.

Almarhum Ferry meninggalkan seorang istri, tujuh anak, dan satu cucu. Istrinya juga terpapar Covid-19, saat ini dirawat di RS.

Istri Anwar, Hj Farida Fuady (69) mengembuskan napas terakhir pada Minggu (19/7) pukul 04.40 WIB di Ruang UGD RS Ciputra, Jakarta Barat.

"Sewaktu ibunya positif Covid-19 minggu lalu, kami sekeluarga memeriksakan diri dengan tes swab antigen. Hasil pemeriksaan, semua negatif. Tapi dua hari sebelum ibunya meninggal, Ferry merasakan gejala badannya meriang dan batuk-batuk," cerita Anwar.

Selasa (20/7) karena tidak tahan lagi, Ferry pun dibawa ke RS Bhakti Asih. Hasil tes swab PCR mendeteksi positif. Namun baru satu malam menginap di RS, jiwanya tak tertolong. Innalilahi Wainnailahi Rojiun.

"Kami pun memeriksakan kesehatan ulang semua anak dan cucunya Ferry. Alhamdulilah hasil negatif," cerita Anwar.

Seperti diberitakan sebelumnya, istri tercinta Anwar Fuady, Hj Farida dinyatakan positif Covid-19, Selasa malam (13/7) lalu. Rabu (14/7) dirawat di UGD RS Ciputra, Mall Ciputra, Jakarta Barat. Hingga mengembuskan napas terakhir hari Minggu subuh, almarhumah belum mendapatkan kamar perawatan karena RS penuh.

Pemakaman almarhumah dilaksanakan hari Minggu pagi (18/7) di TPU Yapera, Tangerang Selatan.

"Secara khusus saya ingin menyampaikan terima kasih sebesarnya kepada Ibu Airin Rachmi Diany. Berkat budi baik beliau, isteri dan anak saya sekarang dapat dimakamkan di TPU Yapera, Ciledug," ungkap Anwar.

Ibu Airin yang dimaksud adalah mantan Walikota Tangerang Selatan.

Menurut Anwar (74) gejala awal yang dirasakan istrinya saat terpapar virus Covid-19 di antaranya suhu badannya panas, pusing, dan batuk.

Anwar tidak bisa menduga istri terpapar di mana dan dari siapa. Yang jelas, menurutnya, selama pandemi istrinya tidak pernah keluar rumah kecuali dua kali seminggu ke RS untuk kebutuhan HD.

Penularan bisa saja terjadi di RS, di dalam perjalanan, atau dari dirinya sendiri. Anwar Fuady mengakui selama pandemi dia juga tetap beraktivitas di luar rumah dan ketemu banyak orang.

"Sulit menduga dari mana sumber penularannya. Bisa saja dari saya sendiri," ucap Ketua Umum Parsi, organisasi artis sinetron itu.

Kangen Anwar

Segera setelah istri dinyatakan positif, Anwar dan seluruh keluarga pun melakukan swab PCR.

"Alhamdulillah, semuanya negatif," kata pemain sinetron "Samudera Cinta" yang sempat tayang lebih seribu episode di SCTV.

Selama masa perawatan di Ruang UGD, satu orang anaknya boleh menunggu dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

"Anak saya yang mengabarkan langsung berita duka itu. Almarhumah sempat mengangguk merespons sebelum menutup mata selamanya," ungkap Anwar.

Sebelumnya, anaknya bertanya kepada Ibu Farida, apakah kangen sama anak-anak, tapi Ibu Farida hanya diam. Kangen cucu-cucu dan cicit? Dia juga cuma diam tak merespons.

Ketika ditanya, apakah kangen pada Pak Anwar, Ibu Farida baru mengangguk. Itulah momen terakhirnya.

"Saya kehilangan besar. Lima puluh tahun hidup bersama. Dari masa hidup susah. Saya yang susah, sedangkan dia sendiri orang kaya, dari keluarga berada. Maksud saya dia sabar dibawa hidup susah. Dia selalu membesarkan hati saya, menjaga dan melindungi saya. Sabar dan penuh pengertian. Saya sekarang limbung kehilangan dia, tidak tahu mau apa," curhat Anwar sambil terus menangis sesenggukan.

Anwar Fuady dan Ibu Hj Farida baru 5 bulan lalu, tepatnya 21 Februari 2021, memperingati ulang tahun ke-50, ulang tahun emas perkawinannya. Dari hasil perkawinan itu pasangan Anwar-Farida dikaruniai 5 anak, 17 cucu, dan 1 cicit.

Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Semoga almarhumah Husnul Khotimah. Mendapatkan tempat lapang, nyaman, dan indah di sisi Allah SWT. Dan, bagi keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran, kekuatan, dan keikhlasan. Aamiin, YRA. []

Ilham Bintang

Wartawan Senior