Sinergi Kemenag dan Pemprov DKI Hadirkan Vaksinasi di Wisma Haji

Vaksinasi di Wisma Haji Kemenag/Ist
Vaksinasi di Wisma Haji Kemenag/Ist

Percepatan program vaksinasi nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo disambut dengan sinergi dan kolaborasi seluruh elemen pemerintah dan swasta baik tingkat pusat maupun daerah. 


Salah satu sinergi terjalin antara Kementerian Agama dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sinergi ini menghadirkan vaksinasi massal di Wisma Haji Kementerian Agama, Jalan Jaksa No 30 Jakarta, Kamis (29/7). 

Vaksinasi yang dihadiri langsung oleh Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Tarmizi Tohor ini menyasar warga Kelurahan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Sebanyak 250 dosis vaksin disiapkan dalam program tersebut. 

Lurah Kebon Sirih, Syamsul Maarif menyampaikan terima kasih atas fasilitas yang diberikan Kementerian Agama berupa tempat yaitu Wisma Haji. 

"Pelaksanaan vaksin memang perlu keterlibatan dan kepedulian dari banyak pihak, karena sejatinya program ini merupakan proyek kemanusiaan akan banyak manfaatnya bagi umat," kata Syamsul, Kamis. 

Dalam pelaksanaannya, vaksinasi ini turut menggandeng Puskesmas Kebon Sirih. Setidaknya ada enam orang dokter, satu perawat, dan dua tenaga administrasi dilibatkan dalam vaksinasi kali ini. 

Menurut Kepala Puskesmas Kebon Sirih, drg. Nani Khairiani, dokter dan perawat yang diterjunkan ini berasal dari Puskesmas Kebon Sirih dan Puskesmas Menteng. 

"Vaksinasi di Wisma Haji ini merupakan upaya kita untuk memudahkan masyarakat, memperoleh vaksin yang dekat dengan pemukiman penduduk," tambah Nani. 

DKI Jakarta sendiri diharapkan bisa memvaksinasi 70 persen warganya pada akhir bulan Agustus 2021 nanti. Target itu setara dengan 8 juta warga Ibu Kota. []