Slamet Maarif Sebut Habib Rizieq Justru Dukung Penanganan Pandemi Pemerintah

Habib Rizieq Shihab/Net
Habib Rizieq Shihab/Net

Saksi meringankan kembali dihadirkan dalam sidang lanjutan Habib Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (6/4).


Salah satunya yang dihadirkan adalah Ketua Umum Persaudaraan Alumni (212) Slamet Maarif.

Slamet bersaksi untuk Habib Rizieq terkait dugaan pelanggaran kekarantinaan kesehatan.

Dalam kesaksiannya, Slamet mengungkapkan ternyata Habib Rizieq Shihab sangat mendukung program penanganan pandemi Covid-19 pemerintah.

Menurut Slamet, Imam besar FPI itu sering memberikan instruksi kepada pengurus untuk membantu pemerintah dalam menangani pandemi.

"Yang saya tangkap, selama di Mekah, Habib Rizieq sangat mendukung program pemerintah dalam rangka menanggulangi wabah pandemi Covid-19," kata Slamet di PN Jakarta Timur yang dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL.

Slamet menyampaikan, instruksi Habib Rizieq antara lain memerintahkan kepada seluruh pengurus FPI untuk menyosialisasikan anjuran shalat di rumah selama pandemi.

Slamet mengatakan, Habib Rizieq secara khusus memberikan argumentasi berupa dalil-dalil agar para umat mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak salat di masjid.

"Termasuk yang saya ingat rujukan argumentasi atau dalil-dalil mengapa kita diutamakan untuk shalat di rumah daripada di masjid. Itu antum (Rizieq) kirim. Karena memang juga ada imbauan pemerintah untuk tidak shalat di masjid dulu. Kami sosialisasikan ke bawah," ujar Slamet.

Habib Rizieq Shihab menghadapi 3 sidang dengan 11 dakwaan dan 18 pasal berlapis. Ada pasal yang ancamannya 6 tahun penjara dan ada pasal yang ancamannya 10 tahun penjara.[]