Soal Penanganan Banjir, Ahok Kalah Jauh Dari Anies

Genangan air di salah satu sudut Jakarta/Net
Genangan air di salah satu sudut Jakarta/Net

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dianggap lebih baik dalam hal penanganan banjir Ibu Kota dibanding gubernur sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. 


Pengamat sosial politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun menilai, Anies jauh lebih mampu dalam mengatasi banjir yang menjadi persoalan Jakarta. 

"Jika dibandingkan kepemimpinan Ahok dengan Anies Baswedan dalam penanganan banjir, jelas Ahok kalah jauh dibanding Anies Baswedan," ujar Ubed seperti dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Senin (22/2). 

Penilaian itu merujuk data banjir di era Gubernur Ahok pada tahun 2015. Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, volume curah hujan 277 mm/hari mengakibatkan banjir dengan menggenangi 702 RW pada Februari 2015.

Sementara saat ini di bulan Februari 2021, curah hujan mencapai 226 mm/hari dan menggenangi 113 RW. Bahkan tahun 2020 lalu wilayah yang tergenang sebanyak 390 RW meski curah hujan memecahkan rekor di angka 377 mm/hari.

Dari data tersebut, Ubed menyimpulkan Anies jauh lebih sistematik dalam menangani banjir Jakarta dibanding Ahok. 

"Dalam urusan penanggulangan banjir ini nampaknya cara Anies Baswedan jauh lebih sistematik dan terarah," pungkasnya. []