Stadion JIS Miliki Atap Buka Tutup, Anies Acungi Jempol Para Insinyur

Gubernur Anies saat menyaksikan pengerjaan atap JIS/Ist
Gubernur Anies saat menyaksikan pengerjaan atap JIS/Ist

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyaksikan langsung pengerjaan atap Jakarta Internasional Stadium (JIS) alias Stadion BMW yang ada di Jakarta Utara, Rabu (16/6). 


Menurut Anies, stadion ini sangat istimewa karena menggunakan atap yang bisa dibuka tutup atau retractable roof. 

Adapun rangka yang digunakan ini memiliki panjang 270 meter dengan berat 3.900 ton yang pengerjaannya diangkat secara bersamaan. 

"3.900 ton itu kira-kira sama dengan mengangkat 2.430 Mobil Kijang Innova. Bayangkan ada 2.430 mobil Innova di angkat bersama-sama ketinggian 70 m," kata Anies saat memberikan sambutannya di lokasi. 

Anies menambahkan, pengangkatan rangkaian seberat ini merupakan satu-satunya yang ada di dunia dan merupakan proses engineering yang kompleks karena membutuhkan kompetensi yang amat tinggi. 

Setidaknya ada 1.000 orang yang terlibat di dalam proses penyiapan rangka ini sampai naik ke atas dengan menggunakan hidrolik Jack sebanyak 16 titik. 

"Kita semua boleh bangga pada para insinyur-insinyur kita yang menyiapkan program Ini, project ini, dengan amat baik," sambung Anies. 

Dengan menggunakan atap buka tutup ini maka stadion akan dapat digunakan sepanjang waktu tanpa terganggu cuaca dan jam operasi. 

"Semoga ini bisa tuntas dalam waktu sesuai rencana. Pengangkatan selesai hari Sabtu lalu pengelasan dan lain-lain selesai tanggal 5 Juli," tutup Anies. 

Untuk diketahui, JIS juga akan dilengkapi dengan dua lapangan latih yang berukuran 16.000 meter persegi yang ditargetkan rampung dikerjakan pada Desember 2020. 

Stadion berkapasitas 82.000 penonton ini juga akan berstandar internasional FIFA dengan konsep Green Building level Platinum Grade pertama di Indonesia. []