Sudah Dibuka Sebulan, Tren Pengunjung Mal di Jakata Baru 35 Persen

Plaza Blok M di Jakarta Selatan/RMOLJakarta
Plaza Blok M di Jakarta Selatan/RMOLJakarta

Mal dan pusat perbelanjaan di wilayah DKI Jakarta sudah mulai beroperasi kembali seiring dengan turunnya level PPKM dari level 4 ke level 3. 


Namun demikian, pembukaan mal ini tidak serta merta membuat masyarakat langsung mengunjungi. Tercatat, sejak satu bulan dibuka kembali, tren pengunjung mal di Jakarta masih lengang yaitu berkisar di angka 35 persen. 

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja, tren 35 persen itu tercatat sejak pertengahan Agustus hingga pekan lalu. 

Meski masih belum ramai Alphonzus memastikan tren pengunjung mal itu terus mengalami peningkatan dari hari ke hari. 

"Tingkat kunjungan terus bergerak naik, meski secara bertahap dan cenderung lambat," kata Alphonzus kepada wartawan, Selasa (14/9). 

Diketahui, masyarakat yang ingin mengunjungi mal atau pusat perbelanjaan diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat. 

Selain itu, masyarakat juga harus melakukan skrining mandiri dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Verifikasi sertifikat vaksinasi juga dilakukan dengan memindai barcode yang telah disediakan di pintu masuk. []