Sudin Dukcapil Jaksel Tetap Buka Layanan E-KTP Mobile di Hari Sabtu

RMOL. Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan membuka layanan e-KTP Mobile di hari Sabtu. Tujuan dibukanya layanan ini untuk memberi kesempatan kepada warga yang sibuk dengan pekerjaannya untuk mengurus di akhir pekan.


Di hari Sabtu (14/5) ini Sudin Dukcapil Jaksel mengadakan layanan di RT 02/06, Cipulir, Kebayoran Baru.

Selain perekaman dan pencetakan e-KTP, layanan jemput bola ini juga melayanani pembuatan akta lahir. Bahkan, sedikitnya ada 24 permohonan.

Di antaranya, delapan perekaman e-KTP, sembilan pencetakan e-KTP, dan pendistribusian satu lembar e-KTP. Kemudian ada lima permohonan akta lahir dan pendistribusian satu akta lahir.

Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Selatan, Sapto Wibowo mengatakan, jika sebelumnya hanya disiapkan mesin perekaman e-KTP, pihaknya kini sudah menyertakan mesin pencetakan KTP di mobil operasional dalam dua bulan terakhir.

"Pelayanan E-KTP mobile sudah ditambah printer dan alat pencetakan KTP elektronik. Alat itu bisa mencetak sampai 300 lembar sehari, sudah masuk bulan kedua," ungkap Sapto.

Menurut Sapto, layanan e-KTP mobile di hari Sabtu ini diberikan untuk warga yang tidak sempat mengurus e-KTP dan akta lahir di hari kerja. Pelayanan ini sendiri dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai 13.00 WIB.

"Warga lain RW, lain kelurahan, bahkan lain wilayah lain juga bisa gabung. Pelayanan ini diberikan bagi warga yang belun sempat mengurus di hari kerja," tandas Sapto. [dam/prs]