Suharso Monoarfa Percepat Pembangunan IKN

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa/Net
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa/Net

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur terus dipercepat pelaksanaannya. Pemerintah juga tengah membahas sejumlah aturan dan insentif terkait dengan pengembangan IKN.


Hal ini terlihat dari kegiatan yang digelar Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dengan Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono, Wakil Kepala IKN Donny Rahajoe dan Ahli Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra pekan lalu.

Kegiatan tersebut juga dipublikasikan oleh Suharso Monoarfa melalui akun Instagram pribadinya.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Kebijakan Publik dan Dekan FEB Universitas Prof Dr Moestopo, Usmar menyatakan bahwa saat ini percepatan pembangunan IKN sangatlah penting.

Karena ada enam dasar yang menjadi pertimbangan dalam pergerakan manusia, yaitu, destination (tujuan), distance (jarak), design (rancangan), density (kepadatan), diversity (keberagaman), demand management (mengelola kebutuhan).

"Jadi idealnya alasan utama pembangunan IKN, adalah dalam upaya mengatur keseimbangan dan keadilan pembangunan serta meningkatkan kekuatan geopolitik nasional dalam perspektif geopolitik global," kata Usmar yang dikutip redaksi, Kamis (22/9).

Menurut Usmar, percepatan pembangunan IKN harus dipahami dalam perspektif sebagai mewujudkan etalase utama dari bangsa dan negara yang hebat, kuat dan bermartabat. 

Oleh karena itu percepatan pembangunan IKN harus didukung suprastruktur dan infrastruktur yang mumpuni untuk mampu merespons perkembangan dan kemajuan teknologi, peradaban dan perubahan zaman.

Usmar mengapresiasi daya dan upaya yang dilakukan Kementerian PPN/Bappenas pimpinan Suharso Monoarfa demi mewujudkan IKN sebagai  pintu gerbang Indonesia yang maju dan makmur yang dicita-citakan banyak pihak.

"IKN ini sebagai pintu gerbang Indonesia yang maju dan makmur untuk kesejahteraan semua," demikian Usmar. []