Survei Indomatrik: Mayoritas Publik Optimis Anies-Ariza Mampu Buat Jakarta Lebih Baik

Pemaparan hasil survei Indomatrik/RMOLJakarta
Pemaparan hasil survei Indomatrik/RMOLJakarta

Tepat di hari ulang tahun (HUT) ke-494 Jakarta, lembaga Survei Indomatrik merilis temuannya terkait 'Persepsi dan Perilaku Publik Terhadap Kinerja dan Kepuasan pada Gubernur/Wakil Gubernur DKI Jakarta 2021’. 


Direktur Eksekutif Indomatrik Husin Yazid menjelaskan, berdasarkan hasil survei sebagian besar masyarakat DKI menyatakan puas sebanyak 57,99 persen. 

Adapun rincian distribusi persepsi yang mengatakan sangat memuaskan 3,54 persen dan memuaskan 54,45 persen. 

Namun, masih ditemukan publik yang berpendapat tidak memuaskan 28,54 persen dan sangat tidak memuaskan 2,65 persen.

“Selanjutnya, masih terdapat yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab 10,82 persen,” ujar Husin   saat memaparkan hasil survei, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (22/6). 

Survei Indomatrik juga merekam, mayoritas publik menilai masa jabatan Anies-Ariza yang tersisa 1,5 tahun mampu membuat kota Jakarta menjadi lebih baik sebanyak 67,35 persen. 

“Terdapat masyarakat Jakarta yang mengatakan masih tidak yakin sekitar 23,35 persen dan yang berpendapat dengan tidak tahu atau tidak menjawab sekitar 9,20 persen,” jelas Husin Yazid. 

Survei yang digelar sejak tanggal 9 hingga 15 Juni 2021, menggunakan metode simple random sampling. Responden terdistribusi secara acak di seluruh Jakarta yaitu telah berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. 

Responden diambil secara proporsional pada tingkat kecamatan, lalu secara acak di level kelurahan/RW/RT. Margin of error sekitar 4,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Jumlah sampel responden yang diwawancara sebanyak 440 responden warga DKI Jakarta. Tersebar secara proporsional di 44 kecamatan, 88 kelurahan yang tersebar di wilayah Jakarta. []