Survei Polling Institute: Erick Thohir Kandidat Kuat Ketum PSSI, Nomor Dua Kaesang Pangarep

Erick Thohir dan Kaesang Pangarep/Net
Erick Thohir dan Kaesang Pangarep/Net

Sosok Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menempati posisi teratas sebagai kandidat yang pas menduduki Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).


“Dalam simulasi 13 nama, Erick Thohir dianggap paling pantas menjadi Ketua Umum PSSI,” kata peneliti Polling Institute, Muhamad Akib saat memaparkan hasil survei 

Polling Institute bertajuk 'Suksesi dan Kinerja PSSI: Persepsi dan Evaluasi Publik', Rabu (23/11).

Dari simulasi 13 nama, Erick Thohir berada di urutan pertama dengan persentasen 17,6 persen.

Di bawah Erick ada nama putra Presiden Joko Widodo yang juga menjabat sebagai Dirut Persis Solo, Kaesang Pangarep yang dipilih 6 persen responden survei.

Kemudian pada posisi tiga ditempati politisi Demokrat, Dede Yusuf dengan 5,1 persen. Diikuti Menko Polhukam Mahfud MD 4,3 persen, dan Ketum PSSI saat ini, Mochammad Iriawan atau Iwan Bule dengan 3,7 persen.

Nama Erick Thohir masih menempati posisi pertama saat survei digelar dengan simulasi 8 nama. Mantan Presiden Inter Milan itu dipilih sebanyak 28,3 persen.

Nomor dua ada Hary Tanoesudibjo dengan 9,7 persen, Iwan Bule 8,3 persen, Dudung Abdurachman 7,3 persen, dan Nurdin Halid 6,7 persen.

Survei Polling Institute digelar pada 10 sampai 15 November 2022 dengan melibatkan 1205 responden yang dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Margin of error survei tersebut kurang lebih 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%. []