Tak Perlu Ribet, Promosi Produk Kini Bisa Lewat Live Shopping TikTok

Diskusi Siberkreasi/Repro
Diskusi Siberkreasi/Repro

Hidup serba instan di era modern menuntut kita untuk mengerjakan segala aktivitas dengan cepat. Salah satunya mengubah kebiasaan belanja dari yang konvensional atau datang ke toko menjadi belanja online.


Promosi produk melalui platform video di TikTok Live Shopping salah satunya. Di mana penjual dan pembeli dapat melakukan komunikasi dua arah antara pembeli dan penjual. 

"Dengan adanya fitur ini, saya bisa memberikan bahwa keunggulan produk-produk saya seperti apa, cara menggunakannya. Juga bisa memberikan tutorial bagaimana merakit barang-barang," kata Digital Creator Ndan Masbon Usari dalam webminar di YouTube Siberkreasi dengan tema 'Kiat Sukses Jualan dengan Live Streaming' yang dikutip redaksi (23/9). 

Meski memiliki kelebihan komunikasi dua arah, Digital Marketing dan Founder Digi Nusantara, Glenn Jolodoro juga menguraikan beberapa tantangan dalam TikTok Live Shooping. Pertama, pembeli harus mencermati baik-baik bahwa barang yang dijual sesuai pesanan. 

"Kedua, cocok atau tidak warnanya, ukurannya. Lainnya juga konsumen merasa kesulitan berkomunikasi dengan penjual karena hanya disedikan menu chatting saja, mungkin diresponnya tidak real time," ujar Glenn. 

Itulah pentingnya komunikasi dua arah diisi dengan diskusi tanya jawab antar pembeli dan penjual terkair barang yang hendak dibeli. 

Bila penjual sudah terbiasa memberikan informasi yang detail tentang suati barang, maka hal tersebut akan membuat peluang barang terjual akan lebih banyak. 

"Untuk memiliki kemampuan bisa beriringan, jadi ketika kita sudah terbiasa melakukan terjun ke dunia live shopper ini skill komunikasi bakal terlatih dan paling penting terus belajar, mulai mengembangkan diri," ucap Live shopper Ayyus Syaida 

Guna mendapatkan informasi terkini soal digital komunikasi, serta kegiatan seru lainnya, dapat dilihat di info.literasidigital.id atau follow media sosial @Siberkreasi.[]