Tebet Eco Park Dibuka Kembali, Pengunjung Wajib Daftar Lewat JAKI

Tebet Eco Park/Ist
Tebet Eco Park/Ist

Setelah dua bulan tutup, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya membuka kembali taman bermain Tebet Eco Park, Jakarta Selatan pada Senin (15/8).


Namun warga diminta untuk melakukan pendaftaran terlebih dulu lewat aplikasi JAKI, jika ingin berkunjung ke sana.

Selain mendaftarkan diri, untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung seperti beberapa waktu lalu, jam buka dibagi menjadi 2 waktu. Yaitu pukul 07.00 sampai 11.00 WIB dan pukul 13.00 sampai 17.00 WIB. Jumlah pengunjung dibatasi 5.000 orang per hari.

“Hanya yang memiliki Kode QR yang bisa masuk Taman Tebet Eco Park. Kode QR didapat dari pendaftaran melalui aplikasi JAKI,” tulis akun Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta.

Tebet Eco Park merupakan taman kota untuk masyarakat dan lingkungan. Taman ini berdiri di atas lahan seluas 7,3 hektare. Sejak pertengahan Juni 2022, taman yang diresmikan Gubernur Anies Baswedan pada Maret 2022 ini ditutup untuk pembenahan.

Tebet Eco Park sangat diminati warga, karena sangat menarik dan banyak fasilitas yang tersedia. Bahkan belum lama ini, pengelola juga telah membangun empat fasilitas baru untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Dikatakan Arif Muhammad, salah satu Staf Pengelola Tebet Eco Park (TEP), di bagian selatan dibangun kolam ikan dan pet park (taman hewan). Dia menjelaskan, kolam ikan merupakan taman untuk bermain air (water playground), sedangkan pet park adalah sarana untuk memudahkan pengunjung membawa hewan peliharaannya.

Di sisi utara, dekat pintu utama, pengelola TEP membangun Kawasan barbekyu, lengkap dengan bangku kayu dan area untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Juga ada bus toilet dari Dinas Lingkungan Hidup, yang membuat pengunjung semakin nyaman.[]