Terlibat Kasus Skimming Hingga Rugikan Bank Miliaran, WNA Asal Latvia Berhasil Diamankan

Ilustrasi / net
Ilustrasi / net

Polda Metro Jaya melalui Subdit Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum mengamankan RM (46) Warga Negara Asing (WNA) asal Latvia yang terlibat dalam kasus skimming dan sudah merugikan bank swasta dan bank negara sejak April hingga Mei 2022.


"Total kerugian semua ini Rp 1,2 miliar, bank kan dirugikan dengan menarik uang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan saat di Polda Metro Jaya, Jumat (20/5). 

Lanjut Zulpan, para pelaku bersama rekannya melakukan aksinya di kawasan Jakarta Barat dan Jakarta Pusat 

Saat beraksi dua komplotan ini menggunakan kartu ATM untuk menampung data elektronik milik para nasabah dengan cara menggesekkan melalui mesin encoder. 

Mesin itu rupanya terhubung langsung ke laptop pelaku. Dari setiap transaksi yang dilakukan korban, tersangka mendapatkan 1,5 persen.

Kepada polisi, tersangka menyebut uang hasil kejahatan digunakan untuk membeli keperluan sehari-hari selama tinggal di Indonesia. 

RM kini dijerat dengan Pasal 363 KUHP, Pasal 30 Jo Pasal 46 UU RI no 19 tahun 2016 ttg ITE dan pasal 3,4,5 UU RI nomor 8 tahun 2010 tentang TPPU, Pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara.[]