Terpilih Secara Aklamasi, Hariara Tambunan Gaspol Besarkan Hipakad

Hariara Tambunan terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum dalam Musyawarah Nasional (Munas) Hipakad yang berlangsung di Jakarta/Ist
Hariara Tambunan terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum dalam Musyawarah Nasional (Munas) Hipakad yang berlangsung di Jakarta/Ist

Hariara Tambunan kembali terpilih sebagai Ketua Umum Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) untuk periode 2022-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Nasional (Munas) Hipakad yang berlangsung di Jakarta. 


Dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Minggu (25/9/), Hariara Tambunan menegaskan bahwa Hipakad ini adalah organisasi yang mengutamakan kebersamaan, menyatu, memperkuat dan menjaga konsolidasi anak-anak TNI Angkatan Darat.

“Terima kasih telah kembali dipercaya memimpin organisasi ini. Saya akan gaspol untuk membesarkan organisasi ini,” kata Hariara yang juga politikus Partai Golkar ini. 

Sebagai organisasi resmi yang berada di bawah naungan TNI Angkatan Darat, tambahnya, Hipakad akan terus bersinergi dengan Persatuan Purnawirawan TNI-AD (PPAD), Mabes TNI, Mabes TNI AD dan pemerintah yang sah.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutan melalui video conference dalam pembukaan Munas Hipakad berpesan, agar anak-anak Hipakad selalu menjaga netralitas, kompak dan jangan mudah terpecah karena isu-isu negatif dan hoaks yang tidak bertanggung jawab yang sering beredar di masyarakat.

"Apapun yang mau kita kerjakan untuk negeri ini, itu berangkat dari persatuan dan kesatuan, kalau kita semua kompak kita semua padu tidak ada yang tidak bisa diselesaikan, oleh karena itu saya ajak Hipakad untuk ikut menjaga persatuan dan kesatuan di Republik Indonesia yang kita cintai ini, jangan mau kita dipecah oleh orang yang tidak bertanggung jawab, Indonesia hebat, Indonesia akan lebih maju," kata Luhut.

Sedangkan Ketua Umum PPAD yang juga merupakan Bapak Pembina Hipakad, Letjen TNI (Purn) Doni Monardo dalam sambutan mengajak  anggota Hipakad untuk menciptakan peluang, akses, dan kesempatan kerja.

"Karena itu, buatlah program kerja yang realistis, yang mampu diselesaikan dalam tiga fase atau waktu: jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Hipakad dengan seluruh komponen bangsa di bawah TNI haruslah mencari ruang dan apa yang bisa kita lakukan untuk membantu menciptakan lapangan kerja," kata Doni.

Sebagai informasi, Munas ke-1 sekaligus tasyakuran HUT ke 5 Tahun Hipakad, dihadiri oleh para Pimpinan TNI dari ketiga matra, Kepolisian RI, Kemenhan, Kemendag, serta BIN.

Untuk pidato Kasad, Jenderal TNI Dudung Abdurachman diwakili dan dibacakan oleh Koordinator Staf Ahli Kasad, Letjen TNI Afini Boer.

Sedangkan Mayjen TNI Nugroho hadir mewakili Menteri Pertahanan RI Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto.

Adapun Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo diwakili oleh Kakorlantas Irjen Firman Santyabudi.

Wakil Menteri Perdagangan DR Jerry Sambuaga juga menyempatkan hadir karena juga bagian dari Keluarga TNI AD. Kepala BIN Jenderal Polisi Budi Gunawan diwakili Kabinda DKI Mayor Jenderal TNI Purwotho.[]