Testimoni Jokowi Usai Disuntik Vaksin: Hanya Terasa Sedikit Pegal

Presiden Jokowi/Net
Presiden Jokowi/Net

Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama di Indonesia yang disuntik vaksin Covid-19 pada Rabu (13/1). 


Usai disuntuk vaksin, pria yang akrab disapa Jokowi itu lantas membagikan pengalaman dan apa yang dirasakannya. 

Menurut Jokowi, usai disuntik vaksin ia harus mengikuti proses observasi untuk mengantisipasi kemungkinan efek samping dari vaksin tersebut. 

"Usai menerima suntikan vaksin Covid-19, pukul 09.42 pagi tadi, saya masih menjalani proses observasi, kemungkinan Kejadian Ikutan Pascaimunisasi selama 30 menit," ujar Jokowi dalam keterangan tertulisnya, Rabu. 

Jokowi menyebutkan, dirinya sama sekali tidak merasakan efek samping selama proses observasi 30 menit itu. Ia hanya merasakan sedikit pegal. 

"Alhamdulillah, tak ada kejadian ikutan. Hanya ada sedikit rasa pegal," tegasnya. 

Diketahui, vaksinasi Covid-19 diberikan dalam dua dosis setiap orangnya. Artinya, seorang penerima vaksin akan disuntik sebanyak dua kali dengan rentang waktu 14 hari dari suntikan pertama. 

Hal itu juga berlaku bagi Presiden Jokowi. Ia menyebutkan, jadwal vaksinasi kedua adalah 14 hari mendatang dan telah tercatat dalam kartu yang diberikan kepada penerima vaksin. 

"Pada kartu vaksinasi Covid-19 atas nama saya ini tercantum jadwal pemberian suntikan vaksin beriktunya yaitu 14 hari dari sekarang," pungkas Jokowi. []