Tiga PR Komjen Listyo Sigit Saat Jadi Kapolri Menurut Puan Maharani

Ketua DPR RI Puan Maharani/Net
Ketua DPR RI Puan Maharani/Net

Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan sejumlah catatan kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo yang telah mengantongi lampu hijau untuk menjadi Kapolri. 


Puan menyebutkan, setidaknya ada tiga pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan Listyo Sigit untuk membawa Polri ke arah yang lebih baik. 

Melansir Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (21/1), tiga PR tersebut adalah penegakan hukum, pelayanan publik dan reformasi internal.

Puan menjelaskan, penegakan hukum yang dilakukan Polri ke depan harus memenuhi unsur keadilan yang restoratif. 

"Penegakan hukum tidak memakai kaca mata kuda, tapi melihat konteks masalah dan memperhatikan aspek sosial kemasyarakatan," imbuh Ketua DPP PDI Perjuangan ini. 

Berikutnya adalah pelayanan publik. Menurut Puan, fungsi Polri sebagai pelayan masyarakat harus ditingkatkan lagi, salah satunya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

"Di sini penting penggunaan teknologi, mengingat keterbatasan personel. Intinya polisi harus responsif terhadap pengaduan masyarakat," tandasnya. 

PR ketiga adalah reformasi internal. Dalam hal ini, Puan menitikberatkan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). 

Diketahui, Komjen Listyo Sigit telah mendapat restu DPR RI untuk menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis pada Rapat Paripurna DPR, Kamis (21/1). 

Berikutnya, Listyo Sigit hanya tinggal menunggu pelantikan oleh Presiden Joko Widodo untuk secara resmi menduduki kursi Tri Brata I. []