TNI Manunggal Membangun Desa di Depok Dimulai, Siap Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-112 Tahun 2021 di Kota Depok mulai dilaksanakan pada hari ini, Rabu (15/9). TMMD ini salah satu tujuannya adalah untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 


Wali Kota Depok Mohammad Idris menyambut baik dimulainya program TMMD ini. Menurutnya, program tahun 2021 ini akan dipusatkan di Kelurahan Bedahan dan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Depok. 

Selain membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, TMMD ini juga dianggap penting karena turut memecahkan persoalan-persoalan sosial di masyarakat. 

"Pastinya ketika ada program-program nonfisik yang akan digelar, sudah dipelajari permasalahan-permasalahan sosial yang harus dibina dan perlu diberdayakan di masyarakat terlebih dulu," kata Idris saat hadir dalam pembukaan TMMD ke-112, Rabu (15/9). 

TMMD pada hakekatnya juga telah menerapkan dua sila dari Pancasila. Yaitu sila kedua, kemanusian yang adil dan beradab serta sila kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Idris lantas mengajak seluruh pegawai pemerintah dan masyarakat untuk mensyukuri adanya program ini yang diselenggarakan di masa pandemi. 

"Karena masih ada warga negara, prajurit-prajurit yang mau berkorban dengan tenaga, semangat juangnya untuk merealisasikan pembangunan di wilayah kita," tandasnya. 

Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam Jaya (Kapendam Jaya) Kolonel (Arh) Herwin Budi Saputra menyebut TMMD kali ini akan melakukan pembangunan fisik dan nonfisik. 

Pembangunan fisik yang akan dilakukan adalah pengecoran jalan, normalisasi saluran air dan rehabilitasi rumah warga.

Sedangkan sasaran nonfisik berupa penyuluhkan kenakalan remaja, bela negara, bahaya narkoba, dan bahaya radikalisme, hingga pembuatan tanaman hidroponik dan peternakan. 

"Personel yang diterjunkan sebanyak 150 orang, terdiri dari TNI AD, TNI AL,TNI AU dan Polri," jelasnya. []