Umat Islam Diminta Sukseskan Perpanjangan PPKM

Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof Nasaruddin Umar/Net
Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof Nasaruddin Umar/Net

Perpanjangan PPKM Darurat yang kemudian diganti istilahnya menjadi PPKM Level 3-4 di Jawa dan Bali harus didukung dan disukseskan oleh masyarakat terutama umat Islam. 


Hal itu disampaikan Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar. Menurutnya, PPKM Level 3-4 adalah ikhtiar untuk melawan pandemi Covid-19. 

"Saya Nasaruddin Umar, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakara, menghimbau kepada segenap warga bangsa khususnya umat Islam untuk menaati perpanjangan masa PPKM sampai tanggal 25 yang akan datang," kata Nasaruddin dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (21/7). 

Menurut Nasaruddin, menyukseskan PPKM sama dengan mempertahankan yang telah disepakati bersama antara pemerintah, ulama dan tokoh masyarakat. Ia optimis, kekompakan antara pemerintah dan masyarakat akan membuat pandemi ini segera teratasi. 

"Kalau kita bersama-sama mengindahkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan, maka Covid-19 ini akan sesegera mungkin Allah akan mengangkat dari bumi tercinta kita Tanah Air Indonesia," ujarnya.

Selain menyukseskan PPKM dengan melakukan aktivitas lahiriah sepert menjaga protokol kesehatan, Eks Dirjen Bimas Islam ini juga mengajak umat untuk melangitkan doa-doa terbaik kepada Allah. Berdoa, kata dia, merupakan usaha batiniah yang bisa dilakukan dalam menghadapi pandemi. 

"Mari kita juga selalu berdoa, mari kita bertawakkal kepada Allah. Kalau kita sudah berupaya sedemikian rupa, berikhtiar sedemikian rupa, kemudian kita serahkan diri kita kepada Allah," tandasnya. 

Pengetatan PPKM diperpanjang hingga tanggal 25 Juli 2021. Presiden Jokowi menyebutkan, pemerintah bakal melakukan pelonggaran secara bertahap mulai tanggal 26 Juli jika tren kasus Covid-19 menurun. []