Universitas Yarsi Pilih Jakarta Utara Jadi Lokasi KKN

Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Juaini saat penerimaan KKN mahasiswa Universitas Yarsi di Ruang Bahari, Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara/Ist
Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Juaini saat penerimaan KKN mahasiswa Universitas Yarsi di Ruang Bahari, Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara/Ist

Sebanyak 322 mahasiswa dari Universitas Yarsi yang terbagi dalam 26 kelompok akan melaksanakan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) di wilayah Jakarta Utara.


Setidaknya ada lima bidang yang menjadi rencana kegiatan yaitu lingkungan dan kebersihan, kesehatan, pendidikan dan keagamaan, ketahanan pangan, dan perekonomian masyarakat.

Pelaksanaan program kegiatan KKN Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) khususnya di wilayah Kecamatan Cilincing dan Koja tersebut disambut baik oleh Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Juaini saat penerimaan KKN mahasiswa Universitas Yarsi di Ruang Bahari, Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Senin (28/11).

"Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara memberikan apresiasi kepada Universitas Yarsi yang sudah memilih Jakarta Utara sebagai tempat KKN," ungkap Juaini didampingi Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setko Administrasi Jakarta Utara, Muhammad Alwi.

"Kami juga mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa KKN di Jakarta Utara. Semoga apa yang kita kerjakan dapat bermanfaat untuk masyarakat Jakarta Utara," sambungnya.

Dijelaskannya, KKN merupakan suatu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dan sebagai salah satu cara mempertemukan teori dengan realitas yang ada di tengah masyarakat.

"Kami juga berharap kepada UKPD terkait agar dapat mensinergikan kegiatan mahasiswa dengan kegiatan yang ada di unit masing-masing sehingga hasil KKN mahasiswa Yarsi dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Jakarta Utara," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Universitas Yarsi, Dr. Wening Sari mengungkapkan kegiatan KKN di Jakarta Utara akan dilaksanakan mulai tanggal 28 November 2022 sampai 14 Januari 2023. 

"Mahasiswa akan melakukan KKN di hari Sabtu dan Minggu jadi tidak bermukim. Untuk kegiatan KKN kali ini juga ada aktivitas mahasiswa peduli stunting. Walaupun dari berbagai program studi yang terlibat tapi akan ada muatan untuk bisa merubah perilaku terhadap keluarga yang mempunyai risiko stunting," pungkasnya.[]