Usulan Jalur Sepeda Dibongkar, Warganet: Biarkan Mereka Membenci Anies dan Tak Bisa Move On

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Repro
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Repro

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali bersepeda dari kediamannya di Lebak Bulus menuju Balai Kota DKI Jakarta, Senin (21/6).


Masih setia dengan sepeda buatan Amerika Serikat bermerek Schwinn, Anies menyusuri jalur sepeda yang terbentang dari Lebak Bulus hingga Jalan Medan Merdeka Selatan.

"Alhamdulillah sepeda pagi ini lancar udaranya juga cerah," kata Anies melalui akun Facebok resminya. 

Menurut Anies, kegiatan bersepeda bisa menurunkan polusi udara. Tetapi untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan kerjasama semua masyarakat. 

"Tidak mungkin udara bersih itu diusahakan oleh sebagian," tegas Anies. 

Dengan upaya tersebut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meyakini langit di Jakarta kedepannya akan  semakin cerah dan segar. 

"InsyaAllah Jakarta jadi kota yang terus menerus langitnya biru seperti hari ini. Rasanya enak betul," tutup Anies.

Kampanye bike to work Anies memperoleh tanggapan positif dari ribuan warganet pengikutnya.

"Masya Allah... contoh yg luar biasa pak anies... semoga warga scr perlahan dp mengikuti budaya transportasi yg baik... utk udara bersih dan lingkungan yg baik," kata Adi Rahman.

"Program bagus seprti ini,ada aja Pejabat yg pengen menggagalkan dgn usulan membongkar pembatas jalur sepeda.pemakai sepeda kan warganegara pembayar pajak juga yg punya hak yg sama dgn pemakai mobil & motor," komentar Erwin.

"Jangan salahkan rute sepeda nya, Salahkan budaya kita yang senang dengan bermacet2 ria.  Saatnya sekali2 mencoba gaya metropolitan sehat dengan bike to work (Pergi bekerja dengan bersepeda). Atau sekali2 juga menggunakan moda transportasi umum," tulis Ridho Firdaus.

"Karena membongkar jalur sepeda bukan solusi jitu mengatasi kemacetan ibukota, eh masih ibu kota khan jakarta sekarang. Jakarta smart city dengan mengembangkan ide2 yg dituangkan dalam fasilitas2 keren, modern, inovatif dalam menunjang pelayanan ruang tata kota. Love you pak anies. Biarkan mereka membencimu dan tak bisa move on. Kerja Tertata, Prestasi Nyata," sambungnya.

Dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR, Rabu (16/6), Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengevaluasi jalur sepeda yang ada di Jakarta. 

"Jika ini tidak dikaji ulang atau dibongkar, khawatir para pengguna transportasi lain juga meminta kepada pemerintah untuk dibuatkan jalur khusus juga," ujar Bendahara Umum Partai Nasdem itu.

"Kami akan terus mencari formula yang pas, kami setuju untuk masalah yang (jalur sepeda) yang permanen itu nanti dibongkar," ujar Listyo menanggapi. []