Warga Gandaria Utara Diminta Kerja Bakti, Jangan Fokus Cari Duit

RMOL. Wakil Walikota Jakarta Selatan (Jaksel), Tri Kurniadi meminta kepada seluruh warga yang berdomisili di RT.06 RW.08 Kelurahan Gandaria Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jaksel, agar mau melakukan kerja bakti.


Permintaan tersebut disampaikan Tri, saat melakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di wilayah tersebut pada Jumat (20/2). Disana, Tri menemukan banyak jentik nyamuk di rumah-rumah warga.

"Saya minta Hari Minggu supaya warga RT 06/08 Kelurahan Gandaria Utara untuk melakukan kerja bakti. Agar mereka sadar, jangan fokus cari duit saja," kata Tri seperti dilansir laman resmi Pemkot Jaksel, Jumat (20/2).

Tri pun juga meminta kepada para ketua RT dan ketua RW, agar dapat mengkoordinasikan seluruh warganya dalam melakukan kegiatan kerja bakti yang dimintanya tadi.

"Libatkan semua warga. Ini secara moral tanggung jawab RW, jangan sampai mereka tidak peduli lingkungannya," tuturnya.

Dia menambahkan, minimal warga bisa membersihkan rumahnya sendiri, baik bak mandi, kaleng-kaleng, tempat minuman burung, atau barang-barang bekas yang tak terpakai yang dapat digenangi oleh air.

"Bersihkan itu. Yang harus kita berikan pengertian, nggak mungkin camat, lurah tahu kondisi wilayah seluruhnya, yang lebih tahu adalah RW setempat. Ini harus diubah. Ada beberapa yang tertangkap tangan buang sampah, sudah disidangkan," tegasnya.

Tak hanya sampai disitu, Tri juga mengimbau kepada para Juru Pemantau Jentik (Jumantik) yang berasal dari lingkungan sekitar, untuk dapat bekerja ekstra keras dalam melakukan upaya pencegahan ini.

"Artinya harus ada kearifan lokal. Misal, bila dirumah ditemukan jentik nyamuk, siapkan 2 pohon atau bayar Rp10 ribu di kas RT. Ini namanya kearifan lokal. Sehingga orang-orang berlomba-lomba menjaga kebersihan rumahnya,” tandasnya.