Warga Terdampak Kebakaran Kilang Balongan Mulai Dipulangkan

Sosialisasi pemulangan warga yang terdampak kebakaran kilang minyak milik PT Pertamina di Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat/Repro
Sosialisasi pemulangan warga yang terdampak kebakaran kilang minyak milik PT Pertamina di Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat/Repro

PT Pertamina memulangkan kembali warga yang terdampak kebakaran kilang minyak milik PT Pertamina di Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat ke rumahnya masing-masing.


Pemulangan warga ini dilakukan setelah pihak Pertamina melakukan pengecekan dan verifikasi kerusakan properti warga dengan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu.

Asisten Daerah II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Indramayu Maman Kostaman, didampingi pihak  Pertamina memimpin sosialisasi pemulangan warga di GOR Bumi Patra.

"Untuk tempat tinggal warga telah dilakukan survei pendataan oleh tim gabungan dan secara umum tempat tinggal pengungsi dinyatakan layak dan aman untuk ditempati," kata Ketua Tim Penanggulangan Dampak Bencana Kebakaran Tangki RU VI Balongan Maman Kostaman melalui siaran persnya, Kamis (8/4).

Untuk memastikan warga terbebas dari Covid-19, para pengungsi lebih dulu menjalani tes screening sebelum kembali ke rumah.

Tes screening melibatkan tim medis Pertamina serta Dinas Kesehatan Kabupaten Indramyu dengan menerjunkan 20 tenaga medis untuk melakukan tes swab.

Dari data yang ada, sebanyak 579 warga menjalani tes swab antigen.

Bila hasilnya dinyatakan negatif, warga tersebut langsung dipulangkan dengan fasilitas bus dari Pertamina ke titik terdekat dari tempat tinggal masing-masing.[]