Warganet Apresiasi Anies Jadi Sopir Mikrotrans Jaklingko: Presiden Nih, Jos Betul!

Momen Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Anies mengendarai Mikrotrans Jaklingko Jak26 rute Rawamangun-Duren Sawit/Repro
Momen Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Anies mengendarai Mikrotrans Jaklingko Jak26 rute Rawamangun-Duren Sawit/Repro

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjajal angkutan umum Mikrotrans Jaklingko. Kali ini Anies bukan duduk sebagai penumpang namun langsung turun menjadi pengemudinya.


Anies mengendarai Mikrotrans Jaklingko Jak26 rute Rawamangun-Duren Sawit. Sambil sesekali menaikkan penumpang Anies terlihat santai mengemudi. Suasana jadi heboh begitu penumpang mengetahui sopirnya orang nomor satu di ibu kota.

Momen Anies menjadi sopir Mikrotrans Jaklingko itu diketahui berlangsung pada Kamis pagi (22/9).

Anies mengatakan, layanan transportasi umum yang andal merupakan salah satu cara untuk mencapai keadilan sosial dan kota yang lestari. Layanan Mikrotrans (yang biasa disebut Jaklingko) sudah hadir sejak 2018 untuk menjangkau warga Jakarta. 

Dengan terintegrasinya layanan angkot ke dalam Mikrotrans, persentase warga Jakarta yang tinggal dalam radius 500 meter dari titik perhentian angkutan umum meningkat dua kali lipat dari 42% pada tahun 2017, menjadi 83% pada 2021. Persentase ini ditargetkan terus bertambah hingga mencapai 95% di 2022.

"Pagi itu mencoba mengendarai Mikrotrans (Jaklingko) AC dipandu oleh Pak Sihombing, pramudi yang biasa mengendarai Mikrotrans Jak 26 rute Rawamangun - Duren Sawit. Kami berbincang sepanjang perjalanan dan juga dengan para penumpang tentang pengalaman sehari-hari naik Mikrotrans," tulis Anies melalui akun Facebook-nya yang dikutip redaksi, Senin (26/9).

 Menurut Anies, warga merasakan bahwa kebijakan ini sudah sesuai untuk tipologi Kota Jakarta, di mana banyak jalan sempit dan permukiman padat. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa masalah seperti sinyal mesin tap kartu sempat blank, yang tentunya menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk meningkatkan pelayanan. 

"Untuk Mikrotrans AC sendiri saat ini melayani rute Jak 10A Gondangdia- Cikini dan akan terus bertambah jumlahnya secara bertahap," kata Anies.

Dalam video yang diunggah, tampak kehebohan penumpang yang menyadari bahwa mereka naik Mikrotrans yang dikemudikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta. Apalagi Anies berinteraksi dengan penumpang dengan menanyakan tujuan hingga kenapa memilih naik Mikrotrans. Salah satunya emak-emak bernama Suryani dan Maisaroh.

“Saya kaget-kaget bingung loh pak, ini saya mau ke Pasar Klender, saya mimpi apa ya semalam, aduh malah lupa tap (untuk pembayaran Mikrotrans),” kata Suryani sambil sesekali berswafoto dengan latar belakang Anies yang sedang menyetir

“Makin nyaman dan bagus angkotnya pak ada ACnya gak kepanasan lagi,saya usul aja ditambah aja armadanya biar semakin banyak yang naik angkot,” sambung Maisaroh

Sementara itu bagi Rose mahasiswa Poltekes yang magang di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, kehadiran Mikrotrans amat membantunya menghemat biaya perjalanan, apalagi di tengah kenaikan harga bahan bakar motor (BBM).

“Saya menggunakan angkot Jaklingko dari awal 2022, pilih jaklingko karena lebih hemat dan gratis, terlebih lagi baru baru ini harga bbm naik jadi lebih pilih jaklingko,” tandasnya.

Usai menjajal sebagai pramudi Mikrotrans Gubernur Anies melanjutkan kegiatan di Pasar Induk Beras Cipinang untuk meninjau kegiatan pangan murah bersubsidi. 

Akrivitas Anies mengemudikan Mikrotrans Jaklingko untuk menyerap suara warga diapresiasi warganet. Mereka ramai-ramai menuliskan komentarnya di kolom komentar akun Facebook Anies Baswedan.

"Asik banget liatnya . Sumpah aku takjub Ama beliau Anis Rasid Baswedan . Presiden nih jos betul," komentar Rahmat.

"Angkot terkeren se Indonesia. Ber AC. Sopir ramah. Gak kebut²an rebutan penumpang. Tarifnya murah. Gak bayar pake duit cash.. 17 tahun lalu pernah ngrasain tinggal di DKI  slama 3 tahun. Pernah ngrasain serunya naek Kopaja, Kaontas Bima, Metro Mini, Kopamilet, Mikrolet, PPD, KRL, dll. Waktu itu paling nyaman hanya pake Busway. Skarang tiap tahun masih maen² ke DKI, ngrasain banget perubahannya. Semuanya beda banget ama yang dulu. DKI lebih nyaman di era Pak Anies Baswedan  Keren dah pokoknya. Sesuai dengan janji kampanyenya," kata Yazid Akmal melanjutkan.

"Saatnya para pejabat/tokoh berlomba2 menyampaikan prestasi kerja  kepada masyarakat umum, sebagai wujud pertanggung jawaban publik sehingga masyarakat dapat menilai sukses tidaknya pejabat ybs. Bagi pejabat yg tdk berprestasi, untuk memikat hati rakyat biasanya membagi2 sembako, kaos dan ikut foto2 dengan rakyat yg sedang melakukan kegiatan, seperti olah raga, nyanyi2, menari supaya kelihatan merakyat," sambung Imam Ashari. []