Warganet: Di Kota Lain Juga Ada Lonjakan Kasus, Tapi Cuma Anies yang "Dihajar"

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan sidak protokol kesehatan di sebuah restoran di Jakarta Selatan/Ist
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan sidak protokol kesehatan di sebuah restoran di Jakarta Selatan/Ist

Razia protokol kesehatan atau prokes yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria serta Forkopimda ke sejumlah kafe di Jalan Senopati dan Kemang, Jakarta Selatan diapresiasi warganet.


"Pandemi ini hanya akan bisa selesai bila semua orang ambil tanggung jawab mematuhi peraturan PPKM," kata Anies melalui akun Facebook-nya, Sabtu (19/6).

Anies mengaku kecewa karena masih menemukan praktik tidak bertanggungjawab dari para pengelola. Kapasitas tempat yang maksimal 50%, dilanggar.

Menurut Anies, seluruh pengelola tempat makan yang melanggar langsung ditegur dan diberikan sanksi, dari denda hingga penutupan sementara. Agar pengelola dapat mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan peraturan yang berlaku di PPKM Mikro. 

"Bila kita membiarkan praktik pelanggaran seperti ini terus-terusan, artinya mengirimkan orang ke rumah sakit, mengirimkan orang untuk terpapar, dan itu adalah sikap yang tidak bertanggungjawab," sambung Anies.

"Kepada teman-teman, laporkan bila melihat ada pelanggaran, jangan diam. Bila anda mendatangi sebuah restoran atau rumah makan, terlihat sudah penuh, jangan paksakan masuk. Cari tempat lain yang kosong, atau lebih baik pesan antar saja dari rumah," demikian Anies.

Pemilik akun Efriyeni Yeyen menilai wajar terjadi lonjakan penularan Covid-19 di Jakarta pasca libur Lebaran 1443 Hijriah.

"Di kota lain jg sama.. tp yg dihajar abis2an ttp Anies Baswedan doang.. padahal di salah satu kota yang zona merah bahkan sblm lebaran pemerintah daerahnya cuek2 aja.. ga ada razia..boro2 sidak cafe  masuk mall jg cek suhu formalitas doang.. diliat jg nggak sm security nya selamatin diri masing2 aja karna cm yg kuat yg bertahan..," komentar Efriyeni Yeyen.

Sedangkan pemilik akun Wendy Nugraha menyebutkan, pandemi akan berakhir apabila pimpinan tertinggi NKRI mau bersikap tegas.

"Ga begitu jg kali pak....Pandemi akan berakhr kl pimpinan tertinggi NKRi berani ambil sikap tegas pak. ...bukan dibalikan ke warga nya ga patuh dan ga tertib prokes pak...5M Uda. Vaksin Uda...Tp berita nya ga d stop pak," tulis Wendy Nugraha.

Sementara pemilik akun Achmad Rosidi Boenyamin mengaku heran warga kelas atas yang cuek dengan prokes.

"Daerah Senopati & Kemang Itu daerah usaha kuliner untuk kalangan atas, dan menengah atas. Ternyata mereka ya bandel2 juga gak takut covid ..smntr di masjid2 konsisten 50% saja yg datang berjamaah," kata Achmad Rosidi Boenyamin. []