Warganet Meledek Sepeda Anies yang Biasa-biasa Saja

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditemani sang istri, Fery Farhati dan anak bungsunya, Ismail Hakim Baswedan bersepeda di jalur sepeda Jalan Sudirman/Ist
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditemani sang istri, Fery Farhati dan anak bungsunya, Ismail Hakim Baswedan bersepeda di jalur sepeda Jalan Sudirman/Ist

Menikmati libur akhir pekannya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memilih berolahraga dengan menggowes sepeda kesayangannya.


Saat berolahraga, Anies ditemani sang istri, Fery Farhati dan anak bungsunya, Ismail Hakim Baswedan.

Mereka mengayuh sepeda menyusuri jalur sepeda Jalan Sudirman, Jakarta Selatan.

"Pagi ini olahraga bersepeda bersama Fery Farhati dan Ismail. Menyusuri jalur sepeda sepanjang jalan Sudirman, dengan tetap menjaga jarak dan menaati prokes," tulis Anies melalui akun Facebook resminya, Minggu (20/6).

Dalam unggahannya, Anies juga melampirkan 29 foto kegiatan bersepeda hingga mampir ke sebuah kafe untuk menikmati secangkir kopi.

"Salam sehat untuk semua…," demikian Anies.

Aktivitas Anies dan keluarga bersepeda mengundang apresiasi ribuan warganet pengikutnya.

Warganet umumnya mendukung Anies untuk mempertahankan jalur sepeda yang sudah dibangun di lima wilayah kota Jakarta.

"sehat selalu teruntuk Abangda Bapak Gubernur DKI Jakarta, mohon jalur sepedanya jangan dibongkar, kalau bisa ditambah biar Jakarta mendunia. Salam satu sepeda sejuta sahabat dari Pemalang Jawa Tengah. #SolusiTanpaPolusi," kata Nanto Bike to Work

Sementara warganet Syarifah Sofian mengaku bingung dengan keinginan sekelompok orang yang mengusulkan pembongkaran jalur sepeda yang sudah rapi dan sesuai dengan penataan kota.

"Saya bukan warga Jakarta, tapi sy tidak habis pikir dg sekelompok orang yg pengen banget bongkar jalur sepeda yg udah rapih sesuai dg tata kota, udah boleh musyawarah dg berbagai pihak terkait masih aja di nilai salah dan alasan mereka jalur sepeda itu terlalu makan tempat di hati mereka yg iri.. jadi syakit Mak.Gowes terus Pak Anies.. kami selalu mendukung setiap kebijakan baikmu," komentar Syarifah Sofian.

Namun ada pula komentar warganet yang seperti meledek Anies dan keluarganya yang menunggangi sepeda "biasa-biasa" saja.

"Kok sepedanya biasa-biasa aja sih, Pak??? Beli dong yang mewah, gitu... Biar kayak horang-horang! Ismail dan si Ibu juga sepedanya biasa aja, sih? Hadeuh...," sindir Rayu Umar.

Dalam sebuah wawancara dengan awak media, Anies mengaku hobi bersepeda. 

Bahkan hingga kini Anies masih setia dengan sepeda buatan Amerika Serikat bermerek Schwinn. 

Menurut Anies, sepeda tersebut sudah digunakannya dalam kurun waktu 16 tahun terakhir.

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu kerap kali ke kampus dengan bersepeda.

 Anies juga memilih sepeda sebagai moda transportasi ketika kuliah di University of Maryland, Amerika Serikat pada awal tahun 2000-an.

Sepeda itu dibelinya saat kuliah di Amerika Serikat seharga 150 dolar AS.

Ketika kembali ke Indonesia, sepeda tersebut turut dikirim ke Tanah Air bersama buku-buku miliknya. 

Sepeda Schwinn Skyliner itulah yang digunakan oleh Anies hingga saat ini. []