Wow! Prajurit TNI AL Persembahkan 6 Emas Di SEA Games Vietnam 

Indonesia sukses mempertahankan gelar juara umum dayung rowing pada SEA Games 2021 Vietnam/Ist
Indonesia sukses mempertahankan gelar juara umum dayung rowing pada SEA Games 2021 Vietnam/Ist

Prajurit Tentara Nasional Angkatan Laut (TNI AL), berhasil mempersembahkan enam medali emas untuk kontingen Indonesia pada ajang SEA Games 2021 di Hai Phong Canoeing and Rowing Training Center, Vietnam. Sabtu kemarin (14/5).


Mereka adalah Kopda Marinir Jefri Ardianto, Sertu Ttg Mahendra Yanto, Serda Jas Ardi Isadi dan Serda Memo yang tergabung dalam kontingen Indonesia cabang olahraga dayung rowing. 

"Dalam kejuaraan tersebut Jefri Andrianto berhasil mempersembahkan satu medali emas pada nomor lomba Men's Lightweight Pair (LM 2-) dan Mahendra Yanto mempersembahkan satu medali emas pada nomor Lightweight Man’s Four," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Muda (Laksma) TNI Julius Widjojono dalam keterangan tertulis, Selasa (17/5). 

Menurut Julius, prestasi gemilang ini merupakan salah satu wujud nyata dari program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam memajukan olahraga perairan dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Salah satunya adalah mencetak atlet-atlet handal TNI AL yang berprestasi dalam kejuaraan di tingkat nasional maupun internasional. 

Seperti diketahui, olahraga dayung rowing ini merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di arena SEA Games 2021 Vietnam pada 9 - 14 Mei 2022.

Selain Jefri dan Mahendra, kata Julius, perolehan medali emas juga didapatkan oleh Ardi Isadi dan Memo yang berhasil menyumbangkan masing-masing dua medali emas pada kejuaraan tersebut. 

"Ardi berhasil menang di nomor lomba Lightweight Man’s Doubel Sculls dan Lightweight Man’s Quadruple Sculls.  Sedangkan Memo berhasil menang di nomor lomba Mans’s Double Sculls dan Men’s Quadruple Sculls," kata Julius. 

Dengan hasil itu, tim dayung rowing Indonesia total berhasil mengumpulkan delapan emas dan enam perak dari 16 medali yang diperebutkan. Indonesia pun sukses mempertahankan gelar juara umum dayung rowing sejak SEA Games 2013. []