Yasonna Akui Lapas Tangerang Over Capacity hingga 400 Persen

Menkumham Yasonna Laoly/Ist
Menkumham Yasonna Laoly/Ist

Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang, Banten yang terbakar pada Rabu (8/9) dini hari tadi disebut-sebut over capacity atau kapasitas berlebih. 


Dugaan tersebut rupanya diamini oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly saat meninjau lokasi kebakaran. 

"Lapas Tangerang ini over kapasitas 400 persen. Penghuni ada 2.072 orang," katanya saat jumpa pers di lokasi, Rabu.

Masih kata Yasonna, lokasi yang terbakar adalah Blok C Lapas. Lokasi ini bermodel paviliun yang terdapat kamar-kamar di dalamnya. Sayangnya, kamar itu dalam kondisi terkunci saat kebakaran terjadi.

Kapasitas berlebih ini juga diduga menjadi penyebab narapidana tidak dapat menyelamatkan diri saat api mulai menyala. Sementara pintu-pintu sel, berdasarkan prosedur yang berlaku, dalam kondisi terkunci.

"Api yang cepat membesar, beberapa kamar tidak sempat dibuka karena api yang sudah begiu cepat. Mengapa dikunci? Memang protap Lapas itu harus dikunci. Kalau enggak dikunci ya melanggar protap," kata Yasonna.

Akibat kebakaran ini, 40 orang narapidana meninggal di tempat, sementara 1 orang meninggal saat perjalanan ke rumah sakit.

Selain 41 orang korban jiwa, kebakaran juga mengakibatkan 81 narapidana lain mengalami luka-luka. Di antara mereka ada yang dirawat di RSUD Tangerang, dan ada yang dirawat di klinik Lapas. []